7 Rekomendasi Game Emulator PS3 untuk Windows

Menelaah rumor peluncuran Playstation 5, beberapa orang masih tertarik untuk memainkan Playstation 3 (PS3). Hal ini terlihat dari banyaknya rental PS3 yang masih eksis dan merambah di lingkungan masyarakat. Sekarang juga dapat memainkan game emulator PS3 di komputer dengan menggunakan windows. Beberapa rekomendasi permainan PS3 yaitu sebagai berikut.

1. RPCS3

Banyak yang sudah tahu tentang emulator PS3 ini. RPCS3 bisa dikatakan sebagai pelari terdepan untuk emulator PS tanpa lag di PC Windows.  Bahkann, di  Notebook jika memiliki spesifikasi yang dibutuhkan. Mengunduh game emulator PS3 ini juga tinggal mengatur RPCS3 yang cukup sederhana. Pertama, pemain perlu mengunduh nama perangkat lunak “RPCS3”. Kemudian unduh “LLE Modules” untuk menyelesaikan emulator PS3 RPCS3.

Buka RPCS3, lalu klik config dan kemudian pergi ke pengaturan. Dari sana, pemain harus mengaktifkan 4 file ini, libresc.prx, librtc.prx, libsre.prx dan libspurs_jq.prx. Kemudian klik tab grafik dan pilih VGA card yang akan digunakan pada kolom “D3D Adapter”.

READ  Capcom Upgrade Aplikasi Game Basara Ini Informasinya Lengkap

Pilih kartu VGA favorit, mis. NVIDIA atau ATI Radeon, sehingga Render disesuaikan dengan spesifikasi PC. Terakhir, unduh “Firmware PS3”, lalu instal dari Menu-Tools-Install Firmware. Setelah proses tersebut, pemain dapat menikmati bermain berbagai game PS3 di Windows. Sebagaimana diketahui, sejauh ini ada 107 game PS3 yang bisa dimainkan.

2. ESX PS3

Emulator PS3 terbaik selanjutnya adalah ESX PS3. Berbeda dengan PS3, Emulator PS3 ini masih dalam tahap pengembangan, namun sudah menjadi salah satu favorit untuk memainkan game PS3 di Windows. Game Emulator PS3 ini cukup mudah digunakan.

Bahkan sangat kompatibel dengan sebagian besar game PS3 yang tengah populer. Mengusung kualifikasi SPec minimum untuk ESX PS3. Windows 7 dan yang lebih baru, RAM minimal 1GB. Dilengkapi serta dengan CPU dengan Prosesor Intel 2,5 GHz ke atas dan GPU AMD / NVIDIA / Intel Direct X 10 GPU.

READ  Game Doodle Google Populer yang Bisa Menghilangkan Rasa Bosan

3. RetroArch

RetroArch memiliki keunggulan sebagai emulator lintas platform. Oleh karena itu, saat pemain menggunakan RetroArch. Maka pemain juga dapat memainkan game dari konsol lain seperti Wii U dan Xbox. Game emulator PS3 ini bersifat open source sehingga bisa digunakan di Windows, Mac, dan Linux,

4. Mednafen

Mednafen, sebelumnya dikenal sebagai Nintencer adalah perangkat lunak gratis dengan SDL multi-sistem dan Open GL. Mednafen adalah salah satu game emulator PS3 terbaik karena pemain dapat memetakan ulang tombol PS3 ke keyboard atau joystick.

5. Ps3emu

Emulator PS3 selanjutnya adalah PS3emu. Emulator ini berfungsi untuk menjembantani game PS3 Linux dan memproses ulang coding PS3 sebanyak mungkin ke sistem x86. Namun belakangan ini banyak penggunanya yang mengeluhkan Ps3emu. Pasalnya, emulator PS3 ini mengandung virus yang berbahaya untuk Windows. Jadi jika pemain memutuskan untuk mendownload Ps3emu, maka harus berhati-hati.

READ  Kepoin Informasi Game Basara Heroes Android, Yuk!

6. Nucleus

Nucleus adalah emulator PS3 open source dan dikembangkan sendiri oleh Alexandro Sanchez atau lebih dikenal sebagai AlexAltea. Di tengah pengembangan Nucleus sebagai emulator PS3, AlexAlteas juga sedang mengerjakan sebuah emulator PS4 bernama Orbital. Namun sayangnya AlexAltea tidak lagi mengerjakan dan mengembangkan Nucleus dan lebih fokus untuk bekerja di emulator PS4, Orbital.

7. Short Waves

Emulator PS3 terakhir dalam daftar ini adalah Short Waves. Emulator ini juga telah dikembangkan sejak 2012 oleh InoriRus dan juga memiliki lisensi Freeware sendiri. Sama seperti Nucleus, Short Waves masih dalam tahap pengembangan, akibatnya Short Waves hanya mampu menjalankan beberapa aplikasi homebrew.

Tapi satu hal yang menarik tentang Short Waves adalah kemampuannya untuk menjalankan tes yang kompleks. Bahkan RPCS3 tidak dapat melakukan itu. Itulah ke 7daftar emulator PS3 yang pernah ada. Game emulator PSs3 ini direkomendasikan sebagai emulator PS3 terbaik saat ini.

You May Also Like

About the Author: Juniafi