Capcom Upgrade Aplikasi Game Basara Ini Informasinya Lengkap

Capcom merilis game original Basara pertama kali pada tahun 2005 melalui seri berjudul Devil Kings. Saat merilis aplikasi game basara, Capcom memiliki pengalaman yang manis sekaligus buruk. Pengalaman manis karena mendapat tanggapan positif dari banyak gamer Jepang, sementara buruk karena lokalisasi bahasa inggrisnya.

Capcom Upgrade Basara

Capcom tidak ingin mendapat rating yang buruk lagi demi menjamin aplikasi game basara, terlebih franchise yang masih sangat baru. Selain itu Capcom mengambil langkah yang bijak dengan merilis seri keduanya termasuk versi enhance berjudul Basara 2 Heroes secara eksklusif untuk wilayah Jepang saja. Berikut faktanya:

1. Tren Positif di Seluruh Jepang

Pada seri kedua aplikasi game basara ini dirilis mendapat tren positif di seluruh penjuru Jepang. Hingga ada istilah “Sengoku Boom”, fans Basara dan gamer mulai menyukai franchise ini dan penasaran dengan sejarah Jepang. Game Basara 2 Heroes mampu membuat ketertarikan fans dan gamer mengunjungi museum, kastil, sejarah di kehidupan nyata.

2. Katakura Kojuru Menjadi Toko Utama

Dalam Basara 2 Heroes tokoh utamanya adalah Katakura Kojuru. Tokoh utama tersebut mendapat perhatian lebih dari fans dan gamers. Kini kota Shiroishi kebanjiran wisatawan, karena kota tersebut merupakan kota dari Katakura Kojuru.

3. Merilis Game Basara di Jepang

Dengan suksesnya Basara 2 Heroes di Jepang, Capcom mulai menyadari bahwa pasar terbaik bagi franchise Basara adalah Jepang. Capcom yang melihat peluang besar ini selanjutnya akan mengambil langkah merilis game Basara di Jepang. Selain itu Capcom tidak akan mengambil resiko merilis Basara di negara barat, karena pada pengalaman rilis Basara orisinil mengalami kendala lokalisasi bahasa inggrisnya.

Capcom sudah mempertimbangkan dengan matang bahwa Basara dirilis di pasar barat akan mengalami beberapa kendala. Seperti masalah franchise yang tidak familiar dengan lokalisasi game. Terlebih Capcom juga harus menanggung resiko biaya untuk lokalisasi game yang belum tentu laris keras di pasar barat.

Seri Terbaru Game Basara 

Setelah Sengoku Basara 3 dibilang sukses dan menjamin potensi besar untuk masa depan franchisenya, akhirnya Capcom berani merilis Basara secara global. Capcom memberi nama dengan Sengoku Basara 3. Untuk versi barat, Capcom memberi nama dengan Sengoku Basara: Samurai Heroes.

Jika dibandingkan dengan Devil Kings pada tahun 2005 lalu, Sengoku Basara 3 bisa dibilang mendapat tanggapan yang lebih positif. Meskipun Capcom sudah merilis franchise Basara secara global, tetapi pasar tertinggi di Jepang. Bahkan, Sengoku Basara 3 mendapat rekor dengan angka penjualan terbaik di serinya pada waktu itu. Jadi, jika Capcom tidak merilis Basara secara global sekalipun, mereka akan mendapat keuntungan yang besar.

Capcom melakukan rilis franchise aplikasi game basara karena ingin mendapatkan fans baru di wilayah barat. Namun, dengan rilisnya Sengoku Basara 3 ini antusias orang barat kurang terlalu tinggi. Meskipun di barat ada kalangan pecinta musou, tetapi masih kalah jika dibandingkan dengan fans yang di Jepang.

Capcom merupakan suatu perusahaan yang sangat memperhatikan kualitas game. Capcom juga akan sangat memanfaatkan peluang yang ada untuk selalu meningkatkan perusahaannya. Saat ini Capcom memiliki kantor di beberapa negara seperti Tokyo, Osaka, California, England, Germany, dan Hongkong. Franchise perusahaan tumbuh dan berkembang sangat pesat sekali.

Sekarang ini untuk menemukan franchise Basara dari luar Jepang memang sulit. Mungkin Capcom hanya akan merilis Sengoku Basara di Jepang yang sudah banyak mendapat perhatian dan berkembang pesat. Bagi para fans dan gamer yang sudah candu dengan game Basara tentunya akan sangat menanti versi terbaru dari game tersebut.

Kini berbagai macam barang dagangan telah dibuat untuk seri ini, seperti buku, soundtrack CD, CD Drama, Cd Radio, kartu perdagangan, dan gambar. Jadi, tidak menutup kemungkinan bahwa Capcom akan segera merilis aplikasi game basara secara global lagi.

READ  Kelebihan Menggunakan Hero Tigreal di Mobile Legends Sang Pelindung

You May Also Like

About the Author: Mimin